Kamis, 26 April 2012

CMS (Content Management System)

Sistem manajemen konten (Inggris: content management System, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:
  • aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
  • aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA])
Sistem Manajemen Konten / Conten Manajemen System (CMS) adalah sistem yang mengatur sebuah tampilan website, baik dengan cara menambahkan atau memperbaiki konten yang sudah ada. Sebelum kita bahas lebih jauh, sudahkah Anda memiliki website untuk bisnis atau usaha yang sedang Anda jalankan sekarang ? Mempersiapkan sebuah website perlu memikirkan cara yang efektif agar informasi yang sudah tersedia dapat dinikmati oleh seluruh dunia.
Oleh karena itu, Sistem Manajemen Konten (CMS) telah berkembang untuk mempermudah proses pembaharuan konten sesuai dengan yang Anda inginkan. Beberapa keuntungan yang diberikan adalah memungkinkan untuk sejumlah besar orang secara bersamaan dalam berkontribusi terhadap konten yang tersimpan di website tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengendalikan akses data, memasukkan informasi terbaru, mengedit data yang dibutuhkan, mengurangi penambahan data secara berulang, kemudahan dalam penulisan laporan dan masih banyak lagi.
Sistem Manajemen Konten (CMS) dibagi ke dalam empat kategori utama, yakni: Enterprise CMS (ECMS), Web CMS (WCMS), Document Management System (DMS), dan Mobile Content Management System. Salah satunya yang akan kita bahas disini adalah Web CMS (WCMS), sekalipun Anda tidak terlalu paham mengenai masalah teknologi, melalui Web CMS ini Anda dapat memahami dengan mudah keseluruhan isi konten dalam halaman website Anda.
Joomla merupakan salah satu contoh dari Web CMS yang dapat di download dan digunakan secara gratis. Sistem Joomla ini diimplementasikan ke dalam PHP dan MySQL yang mencakup banyak fitur yang bermanfaat. Sebagian besar perusahaan, menggunakan Sistem Manajemen Konten ini untuk meningkatkan kinerja kerja dan keamanan data mereka.
Web Architect telah mengembangkan Sistem Manajemen Konten ini untuk mempermudah Anda dalam mengubah konten website Anda. Web Architect bukan saja menawarkan paket pembuatan web design yang menarik, namun kami juga menyediakan akses langsung ke konten halaman website Anda bagi kemudahan Anda dalam melakukan pembaharuan data.
Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Perangkat lunak CMS

Pemanfaatan CMS:

  • Situs web perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  • Portal
  • Galeri foto
  • Aplikasi E-Commerce.
  • Mengelola website pribadi / blog.
  • Situs web pembelajaran daring (Inggris: e-learning)
  • Dan lain-lain.
Alfresco adalah sebuah perusahan sistem management untuk Microsoft dan Unix seperti Sistem Operasi. Alfresco memiliki 2 jenis lisensi yaitu Alfresco Edisi Komunitas yaitu LGPL atau berlisensi open source. Kemudian Alfresco Edisi Enterprise bersifat komersial diperuntukan untuk perusahan bersekala internasional maupun nasional. Alfresco memiliki repository yang mencakup konten, kerangka web portal untuk mengelola dan menggunakan content standar portal, antarmuka CIFS yang menyediakan kompabilitas file system pada Microsoft windows dan uniz seperti system operasi. System konten managemen dimana konten ini mampu untuk di virutalisasi aplikasi web dan situs statis melalui Apache tomcats. sistem Alfresco dikembangkan memalui teknologi java Sejarah John Newton dan John Powell mendidirikan Alfresco Software, Inc pada tahun 2005. produk Alfresco pada awalnya difokuskan pada manajemen dokumen, pada Mei 2006 perusahaan mengumumkan niatnya untuk memperluas ke manajemen konten web. CMS Buka Laporan Pasar Saham dijelaskan Alfresco sebagai berbasis Java konten web sumber terbuka manajemen sistem terkemuka.Pada tahun 2011, Alfresco dan Ephesoft mengumumkan kemitraan teknologi untuk menawarkan penggunaan dokumen dana layanan konten managemen interiperabilitas PDF pintar dan pencarian alur kerja sistem. Pada tahun 2012 Alfresco 4.0 dirilis dengan perbaikan signifikan atas user interface
Fitur Alfresco :
• Manajemen Dokumen
• Web Konten Manajemen (termasuk Webapp & virtualisasi sesi)
• Repositori bertingkat versi (mirip dengan subversi)
• Lapisan Transparan (mirip dengan unionfs)
• Manajemen arsip dan Manajemn Gambar
• Otomatis menghasilkan Xforms dengan dukungan AJAX
• Penerbitan Terpadu
• Repositori akses melalui CIFS/SMB, FTP< WEBDAV,NFS,CMIS
• Aktifitas Alur kerja
• Federasi Server
• Dukungan Multibahasa
• Package yang portable
• Dukungan multi-platform (resmi Windows, GNU/ Linux dan Solaris)
• Browser berbasis GUI (dukungan resmi untuk Internet Explorer dan Firefox
• Desktop integrasi dengan Microsoft Office , OpenOffice.org dan LibreOffice.
• Pluggable authentication : NTLM, LDAP, Cerberos, CAS
• Beberapa database dukungan: MySQL, PostSQL (Community edition), Oracle
• Database, IBM DB2, Microsoft SQL Server (Enterprise Edition)
Alfresco 4.0 terbaru untuk dipergunakan pada komputasi awan Rilis terbaru dari perusahaan CMS Alfresco mempersiapkan pengguna untuk manajemen konten di komputasi awan untuk mengantisipasi menawarkan open source perangkat lunak manajemen konten sebagai layanan, Alfresco telah ditingkatkan produk senama untuk bekerja dengan beberapa klien dan untuk berinteraksi dengan jangkauan yang lebih luas dari faktor bentuk, Perusahaan ini sedang mempersiapkan untuk menawarkan CMS (perangkat lunak manajemen konten) sebagai SaaS (software sebagai sebuah layanan). Alfresco 4.0, yang dirilis memiliki sejumlah fitur baru dan upgrade yang akan membuat lebih awan-friendly, termasuk akses yang memungkinkan dari perangkat mobile, antarmuka browser yang lebih fleksibel dan berbagai back-end peningkatan kinerja. Perangkat lunak ini sekarang dapat diakses oleh iPhone dan klien iPad. Pengguna dapat memulai proses, mengedit dan menyimpan dokumen yang berada dalam repositori Alfresco. Organisasi juga dapat membangun konektor untuk klien mobile lainnya.User interface telah ditambah dengan beberapa sentuhan Web modern 2,0 juga. Seperti di Facebook, pengguna dapat mengklik tombol yang menunjukkan mereka menyetujui, atau suka, bagian tertentu dari konten. Dan seperti di Twitter, mereka dapat mengikuti pengguna lain. Pengguna sekarang dapat langsung mempublikasikan konten ke situs jaringan sosial seperti YouTube, LinkedIn, Flickr dan Facebook. Perusahaan ini juga berencana untuk menambahkan integrasi dengan layanan penyimpanan Dropbox akhir tahun ini. Antarmuka, yang diakses oleh browser, sekarang memungkinkan file yang akan dipindahkan dengan menyeret mereka dengan mouse dan menjatuhkan mereka ke lokasi yang diinginkan. Antarmuka dapat menunjukkan preview jenis file yang lebih. Alfresco 4.0 telah direkayasa ulang dalam beberapa cara yang harus membuatnya bekerja dengan baik dalam lingkungan multi-penyewa. Administrator sekarang dapat keluar Berbagi Alfresco aplikasi kolaborasi dan Server Alfresco Indeks dan
menjalankannya pada server yang terpisah, yang dapat meningkatkan kecepatan penyebaran besar. Atau, administrator dapat mengatur beberapa contoh dari Alfresco dan menjalankan mereka berdampingan. Para pengguna utama dari layanan awan mungkin organisasi yang sudah menjalankan Alfresco di-rumah tetapi perlu membuat beberapa materi yang tersedia di luar firewall untuk kolaborasi dan bagi karyawan yang bekerja di luar kantor, Barr mengatakan. Perusahaan ini akan meluncurkan layanan sinkronisasi bagi organisasi untuk memindahkan konten antara mereka di-rumah mereka penyebaran dan korban host. Pada tahun 2005 Alfresco merupakan open source CMS. Alfresco Enterprise adalah versi komersial dari Komunitas Alfresco bebas didownload. Alfresco Community 4.0 dirilis Oktober lalu. Edisi enterprise memiliki semua fungsionalitas dari edisi komunitas, dengan sejumlah alat manajemen tambahan juga.
Apa Keunggulan CMS ini ?
- Upload konten (drag and drop upload dari desktop ke folder)
- parallel upload
- HTML 5
- Mencari konten (sort folder view dari nama/type)
- Edit property (nama/tag)
- Melihat konten(preview)
- support video
- Fitur yang mengelola seluruh content social.
- Follower
- Rating dan berkomentar (like)
- Notifikasi
- Publikasi Fitur yang memudahkan dalam pengelolaan menyebarkan informasi dan mengkoordinir konten yang ada
-Administrator

1 komentar: